Sasi Sawit Di Smp N 2 Jambu

Sejalan dengan kegiatan pemerintah, baik sentra maupun daerah, Kamis 15 Desember 2011 yang kemudian sekolah tempat saya mengajar, Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jambu mengadakan kegiatan pencanangan penanaman pohon yang diselenggarakan secara serentak. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh begitu besarnya potensi yang dimiliki oleh sekolah, diantaranya lahan kebun yang cukup luas. Menyadari bahwa potensi sekolah sangatlah besar, maka Bapak Kepala Sekolah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang sanggup memaksimalkan segala potensi tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik dan mengajari siswa-siswa didik semoga lebih menyayangi dan menyayangi lingkungan, dimulai dari lingkungan sekolah.
Sesuai rencana, satu siswa nantinya akan menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Siswa tersebut juga bertanggung jawab untuk merawat pohon tersebut selama ia masih bersekolah di sekolah ini. Dengan begitu siswa juga dididik untuk bertanggung jawab. Bibit yang ditanam diperoleh dari sumbangan beberapa pihak, diantaranya orang tua/wali siswa, guru, dan pihak perkebunan. Sesuai dengan nama kecamatan tempat sekolah kami berada, bibit tanaman yang ditanam yaitu tanaman Jambu Merah. Namun ada juga beberapa jenis tanaman yang lain ibarat Duren, Kelapa, dan Jambu Air.
Kegiatan yang dinamai dengan Gerakan Sasi Sawit (Sak Siswa Sak Wit) itu diawali dengan kegiatan seremonial yang dilanjutkan dengan penanaman pohon secara serentak oleh seluruh siswa dan para tamu undangan, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Muspika, Komite Sekolah, dan tamu-tamu permintaan lainnya.
Berikut ini beberapa foto dokumentasi kegiatan tersebut.
1. Persenjataan perang


2. Salah satu tarian penyambutan para tamu undangan. Tari ini diperagakan oleh siswa-siswa dari Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jambu.


3. Salah satu penampilan siswa mengisi pra acara.


4. Bersama Bapak Kepala Sekolah (kaos biru) dan Ketua Komite (baju batik), dan Tamu dari Dewan Pendidikan menanam pohon jambu air.

5. Nah…ibu-ibu yang necis saja tak canggung mengayunkan cangkul.


6. Siap Pak Polisi!!! Tanam yang dalam ya Pak…



7. Para siswa sibuk menanam bibit.


8. Semoga sehat dan lebat pohonku.


9. Hijau Bumiku.

10. Damai jiwaku.


11. Nha,,,pose dulu ya…


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sasi Sawit Di Smp N 2 Jambu"

Post a Comment

Powered by Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel